Senin, 14 Januari 2013

Golden & Rock Temple Dambulla

 on  with No comments 
In ,  
Kuil Gua Dambulla (Sinhala: දඹුලු ලෙන් විහාරය dam̆būlū len Vihara) juga dikenal sebagai Kuil Emas Dambulla merupakan Situs Warisan Dunia (1991) di Sri Lanka, terletak di bagian tengah negara itu. Situs ini terletak 148 km sebelah timur dari Colombo dan 72 km sebelah utara dari Kandy. Kuil ini adalah kuil gua terbesar dan terbaik yang masih terawat di kompleks Kuil di Sri Lanka. Terdapat lebih dari 80 gua di daerah sekitarnya.

Gua utama berisi rupang-rupang dan lukisan. Lukisan-lukisan dan rupang-rupang tersebut berhubungan dengan kehidupan Sang Buddha. Terdapat 153 buah rupang Buddha, 3 buah rupang raja Sri Lanka dan 4 rupang dewa dan dewi. Yang terakhir termasuk dua rupang dewa-dewa Hindu, dewa Wisnu dan dewa Ganesh. Lukisan dinding menutupi area seluas 2.100 meter persegi.

Penggambaran lukisan dinding di gua bercerita tentang godaan setan oleh Mara sampai khotbah pertama Buddha. Manusia prasejarah Sri Lanka tinggal di kompleks gua ini sebelum kedatangan agama Buddha di Sri Lanka, dalam daerah ini ditemukan situs penguburan kerangka manusia sekitar 2700 di Ibbankatuwa dekat kompleks gua Dambulla. Kompleks kuil ini memiliki lima gua utama di bawah batu menjorok yang besar. Pada tahun 1938 arsitektur itu dihiasi dengan tiang-tiang melengkung dan pintu masuk runcing. Di dalam gua, langit-langit yang dicat dengan pola rumit dari gambar-gambar religius mengikuti kontur batu. Terdapat lukisan Sang Buddha dan Bodhisattva, serta berbagai dewa dan dewi.

Kuil Gua Dambulla masih berfungsi dan merupakan bangunan kuno yang terawat di Sri Lanka. Kompleks kuil ini bertanggal antara abad ke-3 dan ke-2, saat itu sudah ditetapkan sebagai salah satu kuil terbesar dan terpenting. Raja Valagambahu secara tradisional diperkirakan telah mengubah gua menjadi sebuah kuil di abad SM 1. Ketika diasingkan dari Anuradhapura, ia mencari perlindungan di sini dari pemberontakan India Selatan selama 15 tahun. Setelah reklamasi ibukotanya, Raja membangun sebuah kuil sebagai tanda syukur. Banyak raja-raja lainnya yang menambahkan bangunan didalamnya sejak abad ke 11, gua telah menjadi pusat agama besar. Raja Nissanka Malla melapisi gua-gua dan menambahkan sekitar 70 rupang Buddha pada tahun 1190. Selama abad ke-18, gua-gua diperbaiki dan dicat kembali oleh Raja Kandyan.

Kuil ini terdiri dari lima gua, yang telah diubah menjadi ruang suci. Gua-gua, yang dibangun di dasar batu tinggi 150 m selama masa Anuradhapura (abad ke-1 SM sampai 993 Masehi) dan Polonnaruwa (1073-1250, adalah yang paling mengesankan dari kuil gua yang ditemukan di Sri Lanka. Jalan sepanjang lereng bukit Dambulla yang landai, menawarkan panorama tanah datar di sekitarnya, yang meliputi benteng batu Sigiriya, berjarak 19 km jauhnya. Gua terbesar berukuran sekitar 52m dari timur ke barat, dan 23m dari pintu masuk ke belakang, gua ini memiliki titik tertinggi 7 meter. Dewa-dewa Hindu juga terdapat di sini, seperti juga Raja Valagamba dan Nissankamalla, dan juga Ananda- murid Buddha yang setia.

1. Dev Raja Vihara atau Gua Raja Dewa
Gua yang pertama adalah kuil pengunjung bertemu setelah memasuki Kuil Suci melalui gerbang utama. Gua ini disebut Dev Raja Vihara atau Kuil Raja para Dewa. Nama ini di ambil dari cerita tradisional Dewa Sakka yang merupakan Raja para Dewa. Sebuah document dari penemuan kuil ini dicatat dalam prasasti Brahmi pada abad-1 di atas pintu masuk ke gua pertama. Gua ini didominasi oleh rupang 14 meter dari Sang Buddha, dipahat dari batu. Telah dicat berkali-kali dalam perjalanan sejarahnya.


2. Maha Raja Viharaya atau The Cave Of The Great King
Gua kedua adalah gua yang terbesar, di samping terdapat 16 rupang berdiri dan 40 rupang duduk Sang Buddah juga terdapat Dewa Saman dan Wisnu, yang sering dihiasi karangan bunga oleh peziarah, dan terakhir terdapat rupang Raja Vattagamani Abhaya, yang bertanggung jawab atas kuil di abad ke-1 SM, dan Raja Nissanka Malla, bertanggung jawab pada abad ke-12 untuk penyepuhan dari 50 rupang, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah prasasti batu di dekat pintu masuk kuil.

Gua ini disebut Maharaja Lena, "Cave of the Great Kings." Rupang Buddha dipahat dari batu di sisi kiri ruangan yang dikawal oleh tokoh-tokoh kayu dari Maitreya Bodhisattva Avalokiteshvara atau Natha. Ada juga sumber air musim semi yang menetes airnya, dikatakan memiliki kekuatan penyembuhan, keluar dari celah di langit-langit. Di atas langit langit gua terdapat lukisan yang sangat berharga dari abad ke-18 yang menggambarkan kisah dari kehidupan Buddha, dari mimpi Mahamaya sampai godaan setan oleh Mara. Lukisan selanjutnya terkait peristiwa penting dari sejarah negara.

3. Maha Vihara Alut
Gua ketiga, Maha Vihara Alut, yang "Kuil baru yang besar" terdapat lukisan langit-langit dan dinding dalam gaya khas Kandy pada masa pemerintahan Raja Kirti Sri Rajasinha (1747-1782), Selain terdapat 50 rupang Buddha, ada juga rupang raja.

Gua ini dipisahkan dari gua yang kedua oleh dinding pasangan bata. Gua ini dijadikan sebagai gudang sampai abad ke-18. Dengan panjang sekitar 90 kaki dan lebar 81 meter dan tinggi ke langit-langit mencapai 36 meter. Permukaan batu gua ini di cat dengan warna yg cerah dan di hiasi dengan lukisan dinding dalam tradisi masa Kandyan. Lukisan-lukisan di dinding tersebut menggambarkan peristiwa dalam sejarah Buddha dan kehidupan-Nya.

Gua ini dijadikan menjadi ruang suci oleh raja Kirthi Sri Rajasinghe. Dalam gua ini juga terdapat salah satu rupang Buddha berbaring, dengan kepala di atas bantal, bertumpu pada tangan kanan. Rupang ini memiliki panjang 30 feet dan sangat proporsional dipahat pada media batu granit keras.

4. Pascima Viharaya
Pascima Vihara berarti Kuil Barat. Kuil ini memiliki panjang sekitar 50 meter dan lebar 20 feet, dengan tinggi atap sekitar dua 27 meter. Gua ini memiliki 10 rupang Buddha yang berukuran sama dan proporsi. Rupang Buddha membentuk posis meditasi Dhyana Mudra.

Rupang Buddha pada gua ini memiliki wajah, bibir, mata dan hidung yang jelas dan halus dengan telinga ditindik. Dahi surut ke garis rambut. Rambut dibentuk sebagai deretan titik, yang naik keatas dengan simpul di bagian atas kepala. Menggunakan teknik alur pematung yang indah, lipatan mengalir menutupi tubuh dari bahu ke kaki, dengan bahu kanan telanjang dan leher digambarkan oleh tiga alur. Rupang ini di pahat pada masa Kandyan dan sampai sekarang kondisinya masih terawat.

5. Devana Alut Vihara
Gua kelima Gua ini, disebut Devana Alut Vihara, adalah gua yang terkecil dari semua kamar suci dari Kuil Batu Dambulla. Gua ini dibuat oleh kepala suku lokal di awal abad ini. Gua ini merupakan batu alam sebagai atap dengan empat dinding batu. Gua ini memiliki luas yang dicat menutupi 69.52 meter persegi. Lebar sekitar 6,8 meter dan panjang sekitar 12,25 meter. Dalam gua ini terdapat kursi dari rupang Buddha yang dibangun dengan batu bata. Ada sebelas rupang di dalam gua ini dan dengan latar belakang Buddha berbaring.

Lukisan ini membutuhkan tempat yang lebih menonjol dibanding sepuluh patung lainnya, karena lukisan ini menunjukkan tingkat yang lebih tinggi. Di dalam kamar suci banyak terdapat karya seni dari kebudayaan Sinhala. Rupang-rupang Buddha dalam berbagai ukuran dan sikap, yang terbesar adalah panjangnya 15 meter. Salah satu gua ini memiliki lebih dari 1.500 lukisan Buddha yang menutupi langit-langit.
Share:

0 Komentar:

Posting Komentar