Rabu, 06 Februari 2013

Riwayat Ajahn Sumedho

 on  with No comments 
In  
Luang Por Ajahn Sumedho (Thai: อาจารย์ สุ เม โธ) lahir dengan nama Robert Jackman, pada tanggal 27 Juli 1934, di Seattle, Washington. Luang Por berarti Yang Mulia (หลวง พ่อ), sebuah gelar kehormatan yang diberikan sesuai dengan tradisi Thailand, Ajahn berarti guru. Sebagai bhikkhu selama 40 tahun, Y.M. Ajahn Sumedho dianggap tokoh penting dalam transmisi ajaran Buddha ke Barat.

Selama Perang Korea Robert Jackman menjalani dinas militer selama empat tahun dari usia 18 sebagai angkatan laut Amerika Serikat dibagian medis. Beliau kemudian mengambil gelar BA dalam studi bagian Timur jauh dan lulus pada tahun 1963 dan gelar MA dalam studi Asia Selatan di University of California, Berkeley. Setelah satu tahun sebagai pekerja sosial di Palang Merah, Jackman ditugaskan di Korps Perdamaian di Kalimantan 1964-1966 sebagai guru bahasa Inggris. Pada tahun 1966 beliau menjadi pemula atau samanera di Wat Saket Sri di Nong Khai, Timur Laut Thailand. Beliau menjadi seorang bhikkhu di bulan Mei tahun berikutnya.

Dari 1967-1977 di Wat Nong Pa Pong, beliau dilatih di bawah bimbingan Ajahn Chah. Beliau dianggap sebagai murid dari barat terakhir yang paling berpengaruh. Pada tahun 1975 beliau membantu mendirikan dan menjadi kepala biara pertama dari Biara Internasional, Wat Pa Nanachat di timur laut Thailand yang didirikan oleh Ajahn Chah untuk pelatihan muridnya yang tidak berasal dari Thailand. Pada tahun 1977, Ajahn Sumedho didampingi Ajahn Chah berkunjungan ke Inggris. Setelah mengamati minat kalangan Barat terhadap Buddhisme, Ajahn Chah mendorong Ajahn Sumedho untuk tetap di Inggris dengan tujuan mendirikan sebuah biara cabang di Inggris. Biara ini bernama Cittaviveka Forest Monastery di West Sussex.

Ajahn Sumedho diberikan wewenang untuk metahbiskan orang lain sebagai biarawan tak lama setelah beliau mendirikan Cittaviveka Forest Monastery. Beliau kemudian mendirikan sepuluh ajaran silsilah penahbisan bagi wanita, "Siladhara".

Ajahn Sumedho saat ini menjabat sebagai kepala biara dari Biara Buddha Amaravati dekat Hemel Hempstead di Inggris, yang didirikan pada tahun 1984. Biara ini adalah bagian dari jaringan biara-biara dan pusat Buddhis dalam silsilah Ajahn Chah, yang kini meluas di seluruh dunia, dari Thailand, Selandia Baru dan Australia, ke Eropa, Kanada dan Amerika Serikat. Ajahn Sumedho memainkan peran penting dalam membangun komunitas biara internasional.

Ajahn Sumedho adalah tokoh terkemuka dalam Tradisi Hutan Thailand. Ajarannya sangat langsung, praktis, sederhana, dan membumi. Dalam pembicaraan dan khotbah beliau menekankan kualitas kesadaran intuitif langsung dan integrasi kesadaran semacam ini dalam kehidupan sehari-hari. Seperti kebanyakan guru dalam Tradisi Hutan, Ajahn Sumedho cenderung untuk menghindari abstraksi intelektual dari ajaran Buddha dan berfokus hampir secara eksklusif pada aplikasi praktis mereka, yaitu mengembangkan kebijaksanaan dan belas kasih dalam kehidupan sehari-hari.

Sarannya paling konsisten dapat diparafrasekan untuk melihat hal-hal dengan cara yang sebenarnya bukan dengan cara yang kita inginkan atau tidak inginkan. Beliau dikenal karena gaya komunikasi menarik dan cerdasnya, di mana beliau menantang para pendengarnya untuk berlatih dan melihat sendiri. Muridnya telah memahami bahwa beliau melibatkan pendengarnya dengan rasa humor yang menular, diliputi dengan kasih sayang yang jauh, pengalaman lucu dari dirinya sebagai seorang biarawan dalam pembicaraan pada praktek meditasi dan bagaimana pengalaman hidup

Sebuah teknik meditasi yang diajarkan dan digunakan oleh Ajahn Sumedho disebut "The Sound of Silence" Beliau berbicara panjang lebar tentang teknik ini dalam satu buku berjudul "The Way It Is" Meskipun beberapa mungkin menganggap itu sebagai hal yang sama seperti yoga Nada di Hatha Yoga Pradipika, lebih jauh membaca bab tentang yoga Nada di Hatha Yoga Pradipika jelas akan mengungkapkan bahwa mereka memang berbeda. "The Sound of Silence" juga merupakan judul dari salah satu buku Ajahn Sumedho ini (diterbitkan oleh Wisdom pada tahun 2007).

sumber:
amaravati.org
buddhanet.net
Share:

0 Komentar:

Posting Komentar