Rabu, 27 Februari 2013

Paro Taktsang (The Tiger's Nest Monastery)

 on  with No comments 
In ,  
Paro Taktsang (spa phro stag tshang / spa Gro tshang rusa), adalah nama populer dari Biara Palphug Taktsang (juga dikenal sebagai Nest The Tiger), merupakan situs suci yang menonjol dari Buddhis Himalaya dan kompleks candi, terletak di tebing dari atas lembah Paro, Bhutan. Sebuah kompleks candi pertama kali dibangun pada tahun 1692, di sekitar Taktsang Senge Samdup (stag tshang seng ge bsam grub) gua tempat Guru Padmasambhava. Padmasambhava adalah sosok yang dipuji karena memperkenalkan Buddhisme ke Bhutan dan adalah dewa yg mengawasi negara. Sekarang ini, Paro Taktsang adalah yang paling terkenal dari tiga belas Taktsang atau gua "sarang harimau" di mana ia bermeditasi.

Taktsang merupakan salah satu tempat paling suci di Bhutan, biara bertengger di tebing granit tinggi menghadap ke utara lembah Paro. Tempat ini sangat dihormati karena hubungannya dengan Guru Rinpoche, yang dikatakan telah diterbangkan ke Paro Taktsang dalam bentuk Dorji Drolo, terpasang pada harimau betina-dakini menyala.

Guru mengunjungi Bhutan selama 3 kali. Kunjungan pertamanya ke Bhutan 746 AD dari India ketika beliau diundang oleh Bumthang untuk mengobati Raja Sindhu, penguasa Bumthang, yang sakit parah. Raja telah sembuh dan menjadi pengikut Buddhisme. Beliau berjanji untuk kembali ke Bhutan lagi untuk menyebarkan ajaran Buddha.

Setahun kemudian, Guru diundang ke Tibet oleh Raja Thrisong Deutsen untuk membantu dia dalam pembangunan Biara Samye. Beliau melakukan perjalanan ke Tibet, dengan kekuatan tantra, beliau membersihkan kekuatan jahat yang mengganggu pembangunan biara, sehingga biara berhasil diselesaikan.

Selama kunjungannya pada tahun 747 AD ke Tibet, Guru Rinpoche memutuskan untuk mengunjungi Bhutan lagi dengan permaisuri Tibetnya, Khandro Yeshi Tshogyel dan Mulia Denma Tseman. Ia berkelana di seluruh negeri dan memberkati rakyat.

Sementara di Singye Dzong inKurtoe, Guru diyakini telah terbang ke Paro Taktsang dalam bentuk Guru Dorji Drolo ke-8, dalam aspek terakhir yang diasumsikan, menumpang harimau betina dakini. Sebelum kedatangannya, seluruh negeri itu diyakini telah dihuni oleh roh-roh jahat yang bermusuhan. Pada kedatangannya, beliau menaklukkan delapan kategori roh-roh jahat dan membatasi mereka dengan sumpah untuk menjadi pelindung dari pengajaran untuk semua waktu yang akan datang.

Beliau juga menyembunyikan berbagai bentuk harta Dharma termasuk 3 ajaran Yoga untuk ditemukan kemudian oleh murid-muridnya yang disebut terton (Harta penemu). Menurut biografinya Yidkyi Munsel, beliau bermeditasi di sana selama 4 bulan dan memberkati tempat ini sebagai yang terbaik di antara tempat-tempat suci (Ney).

Beliau mengungkapkan bentuk nyata dari Phurpai Kyilkhor (Vajrakiliya) dan diinstruksikan pada Langchen Pelgyi Singye, salah satu murid disiplinya (Gyalbang Nyernga) dan spiritual condortnya, Khando Yeshi Tshogyel. Gua di mana Guru Rinpoche dan banyak orang suci ternama lainnya bermeditasi disebut â € œDrubkhang "(ruang meditasi) atau â € œpelphug" (gua suci)

Di Tibet di Chimphu, Guru memberikan inisiasi dari teks Kagyed kepada murid-Nya yang setia. Hati-muridnya Langchen Pelgyi Singye yang menjadi terkenal terutama dalam kemampuan menundukkan roh-roh jahat diperintahkan untuk kembali ke Paro Taktsang. Langchen Pelgyi Singye datang ke Taktsang pada tahun 853 AD, dan bermeditasi di Drubkhang untuk waktu yang lama. Tempat itu kemudian dikenal sebagai Taktsang Pelphug. Lalu beliau pergi ke Nepal dan sebelum meninggal, tubuhnya dipercayakan kepada pelindung Damchen Dorji Legpa sebagai asisten spiritualnya. Jenazahnya dibawa kembali ke Taktsang oleh Damchen Dorji Legpa dan disembunyikan sepertii harta (Terma) untuk ditemukan kemudian. Tubuhnya kini diabadikan dalam batu jauh di bawah tempat Kudung Chorten, yang telah dibangun bertahun-tahun yang lalu dan dipulihkan pada 1982-1983.

Menurut Neyig dari Taktsang, disusun oleh Lopen Pemala, terdapat 9 gua suci (Phug) sekitar Taktsang, yaitu
1. Machiphug
2. Singyephug
3. Pelphug
4. Drolophug
5. Yoeselphug
6. Gadigphug
7. Choegyelphug
8. Kapaliphug
9. Phagmoiphug

Machigphug adalah gua di mana Machig Lhabdron, inkarnasi Khandro Yeshi Tshogyel, telah bermeditasi dan terletak di atas jurang, sebelum mendekati Taktsang Goenpa utama. Singyephug dapat dilihat di dekat sungai kecil jatuh dari tebing. Aliran ini disebut Shelkarchu karena diyakini bahwa dawai manik-manik kaca yang tersebar di seluruh daerah itu oleh Khandro Yeshi Tshogyel. Gua di mana Langchen Pelgyi Singye telah bermeditasi disebut Pelphug dilihat di biara utama Taktsang. Sisa gua-gua suci dikatakan terletak di suatu tempat di belakang kuil Singye Samdrup, dewa pelindung Taktsang.

Taktsang berada di bawah muatan lama Kathogpa sejak abad ke-14. Kathogpa lam Yeshi Bum (1245-1311), hidup di abad ke-15 berkunjung ke Taktsang di mana ia bermaksud untuk membangun biara. Keinginannya tetap tak terpenuhi sampai tahun 1508 ketika keponakannya dan muridnya, Sonam Gyaltshen membangun kuil Ugyen Tsemo di atas Taktsang.

Pada 1646, Zhabdrung mengundang Lopon Rigzin Nyingpo, turunan dari Terton Sangye Lingpa (1340-1396) dari Kongpo di Tibet. Zhabdrung mengunjungi Taktsang bersama Lopon Rigzin Nyingpo dan mengambil alih Taktsang termasuk Ugyen Tsemo dari Kathogpa Lama. Beliau menunjuk Jinpa Gyalthsen, saudara Desi Tenzin Rabgye, sebagaimana Lama dari Taktsang. Zhabdrung dan Lopon Rigzin Nyingpo melakukan doa Phurpai Kyikhor, yang telah dilakukan sejak saat itu.

Dikatakan bahwa meskipun Zhabdrung memiliki keinginan untuk membangun sebuah kuil di tempat di mana Taktsang sekarang berdiri, ia tidak brhasil selama pembangunan Paro Dzong Rinpung sedang berlangsung. Jadi ia memerintahkan Tenzin Rabgye, yang masih di bawah umur pada saat itu untuk membangun Biara. Pada 1692, atas perintah Desi Tenzin Rabgye, Paro Penlop Dragpa Gyaltshen membangun dua kuil-disimpan utama di sekitar Drubkhang di Taktsang dan dengan demikian memenuhi keinginana Zhabdrunga. Pada saat ini, Taktsang melakukan sistem doa tahunan yang didedikasikan untuk Guru Rinpoche, yang bahkan sampai hari ini dilakukan oleh Divisi Tshenyid Badan monastik Tengah.

Melalui renovasi banyak kali dan ekspansi selama berabad-abad berikut, Taktsang tumbuh menjadi sebuah kompleks yang rumit, beberapa bangunan individu yang terhubung hanya dengan tangga curam. Antara 1961 dan 1965, 34 Je Khenpo Sherdrup Yoezer direnovasi. Penambahan terbaru yang dibuat antara tahun 1981 dan 1982.

Pada bagian kiri dari tangga pintu masuk gedung yang berisi "stupa" Kudung dari Langchen Pelgyi Singye yang tubuhnya telah ditempatkan jauh di dalam bebatuan di bawah situs dari Kudung Chorten.

Di pojok kiri bagian dalam adalah Lhakhang Dorlo, kuil didedikasikan untuk Guru Dorji Dorlo, yang telah dipasang oleh Lama Sonam Zangpo terakhir. Di bangunan utama, ada tiga candi.

Candi bawah berisi gua di mana Guru Rinpoche dan Pelgyi Singye bermeditasi dan berisi patung Guru Dorji Drolo dan patung Phurpai Kyilkhor, yang dikatakan didirikan oleh Niwari Pentsa, ahli seni masa pemerintahan Desi Tenzin Rabgye dan istana surgawi Guru Rinpoche (Zangtopelri).

Candi tengah Guru Sungjoen Temple, kuil Guru yang berbicara karena diyakini bahwa ketika itu sedang diangkut ke Taktsang, patung Guru bernyanyi dengan sendirinya. Para pengrajin paling terampil dari Nepal, Pentsa Dewa, Dharma dan Dharmashri mendirikan patung Guru Sungjoen. Candi ini berisi antara lukisan yang indah dari manifestasi delapan Guru, siklus Lama Gongdue dan Tshepamed, dewa panjang umur.
Share:

0 Komentar:

Posting Komentar